KDR: Sambirenteng Fest, Berikan Ruang UMKM Tingkatkan Kualitas

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px


 

KDR: Sambirenteng Fest, Berikan Ruang UMKM Tingkatkan Kualitas

Kalingga
Kamis, 25 Juli 2024



Buleleng -- dalam upaya menampung kegiatan UMKM di Buleleng. ALIANSI pemuda Desa (APD) menggandeng semua pihak dalam melibatkan kreatifitas pemuda dalam membangkitkan UMKM.



Diketahui Suasana meriah menyelimuti Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula, Buleleng pada malam hari ini. Hal ini tak lepas dari penyelenggaraan Sambirenteng Fest yang diikuti oleh puluhan DUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)UMKM dari berbagai penjuru Buleleng pada Rabu ( 24/07/2024).


Aliansi Pemuda desa (APD) Buleleng menggagas kegitan tersebut dengan apik, meski harus menyesuaikan kebijakan stempat dalam memberikan apresiasi pemida buleleng dalam gelar pasar malam tersebut.


APD juga  bertujuan untuk mendorong kemandirian UMKM serta memberikan hiburan bagi masyarakat. Selain puluhan stand produk UMKM, acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni tradisional dan modern.


Bagus Okta, selaku ketua penyelenggara, mengatakan, berbagai produk hasil  UMKM Buleleng dijajakan dalam Sambirenteng Fest yang digelar di Lapangan Desa Sambirenteng. Kegiatan yang bertajuk Pemuda Membangun Desa itu diharapkan memberikan multi efek di masyarakat.


"Melalui festival ini, kami ingin memperkenalkan produk-produk lokal kepada masyarakat yang lebih luas,” ujar Bagus Okta 


Bagus Okta menyebut, bahwa penyelenggaraan Sambirenteng Fest dilakukan secara mandiri dan juga melibatkan pihak desa adat dan dinas.


"Acara akan berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 4 Agustus 2024,' imbuhnya


Kadek Doni Riana selalu penasehat kegiatan berkesempatan mengunjungi pembukaan Sambirenteng Fest, Rabu (24/7) malam. 

KDR sapaan Doni Riana menyebut, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mendorong kemandirian UMKM serta memberikan ruang UMKM Buleleng.

Dia pun berharap kegiatan serupa bisa diselenggarakan di wilayah lain di Buleleng.


"Acara ini mendapat respon baik dari masyarakat. Selain untuk memajukan UMKM juga menjadikan hiburan di masyarakat sekitar,"ungkap Doni


Doni selaku penasehat AMD Buleleng pun mengaku akan memberikan suport agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Dan bisa terlaksana secara konsisten.


"Kegiatan ini harus di dukung, sehingga tidak hanya menjadi kegiatan musiman tetapi menjadi sesuatu yang berkelanjutan," Pungkas KDR.


Selain menyambut baik inisiatif para pemuda dalam kegiatan ini, KDR juga meminta semua pihak membantu pelaksanaan ide dan gagasan para pemuda di Buleleng dalam membangkitkan sektor UMKM. (TIM)